“ TDA Jaktim Internal Training The Execution Games (The X Games) “

Bagi para pegiat usaha atau para pebisnis dalam skala UKM, kadang sering mengeluhkan bahwa bulan ini omset turun, pasar sedang lesu, karyawan nggak beres kerjanya pada akhrinya pemasukan perusahaan menurun. Padahal hal hal tersebut dapat di antisipasi sehingga target sasaran  dapat terukur serta termonitor dengan baik.

Setiap para owner bisnis harus dapat memperhitungkan target yang harus dicapai secara berkala, karena kelangsungan bisnis tergantung dari kecakapan seorang owner dalam mengatisipasi kondisi-kondisi unpredictable dalam sebuah bisnis. Pada hari minggu tanggal 23 oktober 2016 di “markas besar” TDA Jaktim diadakan sebuah Internal Training untuk para member TDA Jaktim yaitu The Execution games (The X games). 

IMG-20161023-WA0039IMG-20161023-WA0045IMG-20161023-WA0076

The Execution games (The X games) adalah Sebuah metode dalam melatih seorang leader atau owner sebagai bekal mengantisipasi ketidakpastian situasi bisnis. Seorang trainer sekaligus coaching profesional bernama Coach Sulis dihadirkan untuk mengedukasi para member TDA jaktim mengenai metode The X Games ini.

Dengan 4 hal yang akan di latih dalam training ini :

  1. Focus on important Goals
  2. Act on the lead measure
  3. Complete scoreboard
  4. Create a cadence of accountability


Keempat hal diatas adalah metode yang secara berurutan serta sinergis untuk menangkap peluang, menset target serta commitment, agar goal yang di setting dari hari ke hari, minggu ke minggu serta bulan ke bulan dapat terukur dan termonitoring dengan baik.

Dengan men-set sebuah paradigma berpikir tentang time matrix yaitu sebuah aturan tentang mana yang penting atau tidak penting, mana yang harus didahulukan, mana yang menjadi tantangan dari luar serta hambatan dari dalam. Semua hal itu terukur dengan time matrix yang di ajarkan secara gamblang oleh Coach Sulis.

1Dalam training ini juga diajarkan bagaimana membuat aktivitas-aktivitas yang secara scoreboard dapat memonitoring pelaksanaan target-target yang diinginkan. Dengan menggunakan rumus From x to Y by When, akan terukur setiap aktivitas si individu dalam organisasi dari tingkat leader sampai anggota team yang mengarahkan focus terhadap komitment untuk kemajuan bersama. Sehingga target omzet dari sekian ratus juta ke sekian miliar tetap  terukur dalam satuan waktu.2

Paling penting dari acara training ini adalah FUN, karena sifat dari TDA itu sendiri adalah FUN, sehingga training ini diadakan dalam nuansa ceria dan penuh kekeluargaan untuk tumbuh dan kembang bersama . Para senior dan junior bersama merapatkan barisan dalam ikatan kekeluargaan untuk take off menuju sukses bersama di komunitas Tangan Diatas wilayah jakarta Timur.

 by : mas Kukuh

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>