“How to Make a Business, Stupid Don’t Play”

“How to Make a Business, Stupid Don’t Play”

Hai Ketemu lagi dengan mas kukuh, semoga tidak bosan ya dengan tulisan saya. Baru baru ini bertemu dengan salah satu mahasiswa saya, saya tanya kamu ngapain saja kalau tidak ada kuliah, jawabannya yaa main pak, main game online sih, kata si mahasiswa tersebut (hmmm sama ya kaya saya waktu masih mahasiswa dulu hihihihi), lalu dengan berwajah serius….(khas dosen killer ceritanya hehehehe), saya pun bertanya kenapa hanya main game dek, tidak melakukan hal produktif seperti belajar skill komputer, berorganisasi ataupun berbisnis yang menghasilkan duit tambahan..( dalam hati ane… gile ndroo, sok tua banget ya, padahal dulu juga sama malesnya hehehe). Lalu jawaban si mahasiswa adalah Bisnis apa pak, Modal dari mana ?.

Whatss, hari gini nanya bisnis apa serta alasan tidak punya modal?, (gak gaul banget sih ente mas broo.. hehehehe). Mungkin sebagian orang berpikiran bahwa berbisnis itu susah, bingung harus bisnis apa dan perlu modal besar, padahal bisnis itu mudah apalagi di jaman era digital saat ini, kita cukup punya website untuk jual barang barang yang kita beli di orang lain atau yang kenal dengan sebutan reseller atau dropshipper. Pengalaman saya Hanya dibutuhkan sebuah website, hosting dan domain yang memungkinkan hanya mengeluarkan modal kurang dari sejuta atau hanya lima ratus ribuan, tergantung negosiasi sih, untuk lebih lanjut bisa ditanyakan ke Mas Agus Susilo seorang member TDA Jaktim yang punya bisnis websitebagus.com, tanya aja dulu ya..beli mah di tempat lain…hahahaha piss ya mas Agus, bercanda kok.

Bisnis itu simple dan gampang yaitu mempertemukan antara permintaan dengan barang/jasa, bisnis bisa jadi tanpa modal, sebagai contoh saya pernah bertemu teman yang suka bikin kue, lalu dirinya mencoba membuat website yang isinya tentang kue tersebut, tanpa di sangka banyak order kue tersebut, akhirnya berhenti kerjalah teman saya tersebut karena sibuk bikin pesanan kue coco cokelat, sangat mudah kan ?. Bisnis tersebut sangatlah simple, apalagi kalau jaman sekarang ada namanya instagram, facebook, twitter ataupun sosial media lainnya, contoh lainnya ada teman yang menyukai sepabola, lalu dia mencoba menginfokan lewat sosmed bahwa dia jualan kaos bola serta asesoris bola, tahu gak anda, bahwa sebenarnya dia cerita bahwa dirinya tidak punya stock barang hanya nempel foto aja, sampai suatu ketika ada order datang, lalu dia cari serta beli ke tanah abang, dan cari ke marketplace secara online, lalu begitu dapat pesanan sang pelanggan, di kirimlah barang tersebut ke pelanggan dengan menaikkan harga untuk dapat selisih harga.,That’s it mas bro .

Masih berpikir bisnis sulit mas bro dan sis ?, buang jauh jauh deh pemikiran tersebut dan jangan terlalu pusing bahwa bisnis itu harus besar dengan modal besar, salah yaa kawan kawan, bisnis itu sebaiknya di mulai dari hal yang kecil kecil saja dulu kalau bisa tanpa modal. Dan salah satu sarana lainnya untuk make a business adalah saat kita mempunyai komunitas yang isi nya para pengusaha seperti TDAJaktim ini , maka barang apa saja yang di cari pastinya ada dan dapat di jual lagi dengan selisih harga yang bagus loh, simple kan bisnis itu. Bisnis itu ibarat menanam pohon, saat kita rawat dengan baik lalu pohon tersebut tumbuh besar, nantinya akan manjadi tempat yang teduh untuk kita tidur siang dibawahnya serta menjaga kita dari teriknya matahari.

Jika membaca buku seorang lulusan Harvard Business school yaitu Emily Chan dalam bukunya Harvard Business School Confidential secrets of success, dalam bab pertama, pernyataannya seorang Emily Chan adalah “mendapatkan pekerjaan yang bagus adalah Ide Bodoh “. Jika kita meyakini bahwa menjadi karyawan akan aman secara finansial, maka hal tersebut salah, karena ekonomi sangat sukar di prediksi apalagi di tengah situasi ekonomi gonjang ganjing tahun tahun ini, yunani aja bangkrut sebagai negara EURO, maka dari itu para lulusan Harvard ini sering menganggap bahwa bekerja adalah sarana belajar untuk secepatnya membuat bisnis dengan mempraktekan ilmu yang ada di dapat di perusahaan tempatnya bekerja. Banyak yang mengira kepuasan dalam bekerja adalah tujuan utama, tapi sering kali tidak didapatkannya kepuasan bekerja, karena situasi politik kantor, temperamental bos, kebijakan yang suka berganti ganti, teman yang menikam dari belakang untuk mendapatkan jabatan, menjelek jelekan, menjilat atasan dan upaya setor muka dengan nongkrong di kantor sampai malam hari supaya terlihat sibuk ataupun mendengarkan Gosip terbaru.

Yuk kita bisnis yuk, itulah pesan yang ingin saya sampaikan, bisnis itu simple kok gak pake ribet, dan hanya perlu sedikit modal ataupun tidak sama sekali bermodal seperti pembuat website,pelukis, penulis artikel, konsultan keuangan dan pajak, fotografer, jualan online, jualan apapun deh lainnya, asal jangan jual diri ya, takutnya gak laku ntar hehehehe. Hanya perlu sedikit akal cerdas untuk membuat bisnis, dan jangan pernah malu atau Gengsi mengejar kesuksesan dalam kemandirian finansial, dan yang terpenting seperti kata Aa Gym, mulailah dengan 3M yaitu mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan MULAI SEKARANG JUGA.

 

Oleh

(mas kukuh)

7 Comments

  1. sangat inspiratif, semoga banyak orang yg masih ragu memulai usaha segera yakin untuk memulainya. Dalam bisnis berlaku prinsip”lebih cepat lebih baik”

    Reply
    • amin amin amin…terimakasih banyak mas atas komen nya…

      Reply
  2. Tulisan yang inspiratif mas Kukuh, ini harus d-print, agar kami dapat terus untuk termotivasi untuk bisnis sejak dini, terutama untuk anak- anak saya yang sedang duduk di bangku kelas XI SMK …. 😀

    Reply
    • terimakasih banyak mba lia tas komennya, silakan mba untuk di print, saya senang jika melihat anak muda mulai berbisnis, agar negara kita punya generasi yang nantinya tidak mudah tergantung dengan orang lain…

      Reply
  3. Kaka kukuh, inspiratif banget buat para Star Up, ecccch tp Kaka kukuh bisnisny apa yaaa mau jd muridny saiyaaah,,,?

    Reply
    • terimakasih mba iyah atas komen nya, saya sendiri ada beberapa bisnis, dan bidang tulis menulis salah satu bisnis yang saya tekuni silakan check di http://www.jagoartikel.com #tetepjualan hehehehe … dan kalau mau belajar sebaiknya dengan para master di TDA jaktim, karena saya juga sedang belajar dengan mereka semua para senior di TDA jaktim, Ibarat minum air langsung dari sumbernya..biar lebih seger…gggrrrrrrr

      Reply
  4. Buat Pak Kukuh, terima kasih atas inspirasi bisnisnya di artikel yang sederhana ringan dan bermutu. Intisarinya inspirasi bisnis ya Pak Kukuh. Selanjutnya terserah pembaca mau segera ACTION Bisnis atau baca artikel Pak Kukuh lagi. :-)

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>